Senin, 24 Februari 2020

Software Akuntansi dan UKM

Banyak usaha yang berkembang di Indonesia terutama usaha-usaha kecil dalam hal ini adalah unit Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Produk-produk yang dihasilkan pun bervariasi. Jika dicermati banyak produk yang apabila dikembangkan dapat memiliki nilai tinggi dan dapat bersaing dengan produk-produk asing. Namun disayangkan, pelaku UKM di Indonesia belum memperhatikan pentingnya pengetahuan akuntansi dan tidak menggunakan informasi akuntansi dalam menjalankan bisnisnya. Kemajuan teknologi saat ini memungkinkan seseorang untuk mengelola keungannya dengan mudah menggunakan aplikasi, jasa pembuatan aplikasi akuntansi akan membuat sistem sesuai dengan kebutuhan Anda.Berdasarkan data banyaknya desa/kelurahan menurut keberadaan dan jenis industri kecil dan mikro 2014 khususnya Yogyakarta pada sektor industri dari kulit berjumlah 116. UKM yang cukup berkembang sangat pesat adalah UKM kerajinan dengan bahan kulit yang terdapat di Bantul Yogyakarta. Kawasan yang cukup terkenal akan hasil kerajinan berbahan dasar kulit tersebut adalah di kawasan Manding dan Pucung.



Banyaknya desa/kelurahan menurut keberadaan dan jenis industri kecil dan mikro 2014 pada sektor industri dari kulit di Yogyakarta dapat ditingkatkan kembali. Perlu adanya perbaikan pengelolaan agar dari data yang berjumlah 116 dapat meningkat. Salah satunya adalah dengan pemahaman akan pentingnya informasi akuntansi pada para pelaku usaha/UKM. Pinasti (2007) menyatakan, penggunaan informasi akuntansi didorong oleh adanya persepsi yang baik dari pihak manajemen perusahaan. Oleh karena itu, untuk dapat mendorong pengusaha kecil menggunakan informasi akuntansi perlu dimulai dari persepsi pengusaha kecil tersebut terhadap informasi akuntansi.

Laporan keuangan merupakan suatu alat gambar kondisi usaha (kemajuan atau kemunduran), pengambil keputusan yang akurat dan tepat waktu serta pertanggungjawaban pada manajemen serta yang terpenting secara mendasar adalah pemahaman makna laba atau rugi yang diperoleh dari hasil usahanya. Oleh karena itu, laporan keuangan sangat berguna untuk menilai kinerja usaha dan dapat membantu dalam menghadapi permasalahan dalam menjalankan usaha khususnya UKM.

Nicholls dan Holmes (1988) dalam Wahyudi (2009) mengemukakan bahwa informasi akuntansi sangat bermanfaat bagi UKM, karena merupakan alat yang digunakan oleh pengguna informasi untuk pengambilan keputusan. Informasi akuntansi dapat digunakan untuk mengukur dan mengkomunikasikan informasi keuangan perusahaan yang sangat diperlukan oleh pihak manajemen dalam merumuskan berbagai keputusan untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi. Pengambilan keputusan menjadi salah satu faktor yang penting untuk keberhasilan suatu usaha.

Harga pokok produksi dalam industri merupakan bagian terbesar dari biaya yang harus dikeluarkan perusahaan. Jika informasi biaya untuk pekerjaan atau proses tersedia dengan cepat, maka manajemen mempunyai dasar yang kuat untuk merencanakan kegiatannya (Rachmayanti, 2011). Pelaku usaha juga tidak luput dari penentuan harga jual. Penentuan harga jual adalah salah satu faktor penting dalam keberlangsungan dan keberhasilan suatu usaha. Megginson et al.dikutip dalam Pinasti, menyatakan bahwa informasi akuntansi mempunyai peran penting untuk mencapai keberhasilan usaha, termasuk bagi usaha kecil. Pelaku UKM memiliki kewajiban untuk menyelenggarakan pencatatan akuntansi yang baik. Hal ini terdapat dalam Undang-Undang Usaha Kecil dan Menengah Nomor 9 Tahun 1995.

Jumat, 21 Februari 2020

Apa Saja Keuntungan Menggunakan Aplikasi Keuangan


Keuntungan yang didapatkan dari aplikasi keuangan yang lengkap

Anda tidak perlu repot ke bank dan ATM

Tidak perlu lagi Anda mengunjungi bank atau ATM untuk urusan rutin seperti transfer atau pembayaran tagihan. Semuanya bisa dilakukan dari ponsel Anda. Kemajuan teknologi saat ini memungkinkan seseorang untuk mengelola keungannya dengan mudah menggunakan aplikasi, jasa pembuatan aplikasi keuangan akan membuat sistem sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kemudahan ini juga yang dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia saat ini. Dimana kita memiliki banyak kegiatan dan sena bepergian. Kondisi ini menuntut layanan yang bisa diakses dimana saja dan kapan saja.

Tidak terjebak dengan e-wallet

Jika Anda memiliki aplikasi keuangan dengan fitur yang lengkap, Anda bisa melakukan transfer ke e-wallet, dan tidak terjebak dengan penggunaan e-wallet yang dananya tidak bisa dicairkan. Dengan demikian, Anda bisa menikmati fleksibilitas dari aplikasi Anda karena tidak membatasi dalam penggunaan saldo yang ada. Kebutuhan akan perhitungan keuangan oleh banyak orang maka dari itu jasa pembuatan aplikasi finance akan membantu banyak orang dalam pembuatan aplikasi tersebut.

Tidak akan lupa membayar tagihan

Manfaat lain jika Anda memiliki aplikasi yang lengkap adalah terhindar dari risiko membayar denda tagihan yang jatuh tempo. Aplikasi yang mumpuni sebagai layanan keuangan yang lengkap akan menyediakan fitur pengingat untuk Anda.

Fitur ini membantu Anda untuk mengingat dan membayar tagihan secara otomatis atau manual sesuai dengan pengaturan yang dibuat. Urusan Anda juga tidak perlu tersendat karena terlambat membayar listrik atau tagihan pulsa.

Bisa tarik tunai di ATM sewaktu-waktu

Manfaat lain dari fitur aplikasi keuangan yang lengkap adalah dana bisa dicairkan. Jadi kemanapun Anda pergi, tidak perlu takut kehabisan uang tunai. Manfaat ini juga membuat dana Anda tidak sekedar mengendap karena bisa digunakan dengan berbagai cara selain disimpan.

Tidak perlu takut saldo berkurang karena biaya tambahan

Permasalahan yang dihadapi banyak orang saat menggunakan layanan tabungan konvensional adalah dana yang ada akan berkurang karena ada biaya admin, pajak, bahkan bunga bank pun tidak terhindar dari potongan pajak ini.

Selasa, 18 Februari 2020

Manajemen Inventory Berbasis Cloud



Apa itu manajemen persediaan berbasis cloud?

Manajemen persediaan berbasis cloud pada dasarnya merupakan fitur lunak online yang bisa menolong Kamu mengelola inventaris, memantau stok benda secara real- time, serta masih banyak lagi. Kamu bisa mengaksesnya dari mana saja sepanjang mempunyai koneksi internet. Menggunakan aplikasi sistem inventory akan memudahkan Anda mengelola stok barang perusahaan Anda, apabila ingin membuat aplikasinya sekarang sudah ada jasa pembuatan software inventory untuk kebutuhan perusahaan Anda.

Terdapat banyak khasiat yang bisa Kamu peroleh bila memakai sistem ini. Berikut sebagian di antara lain:

1. Membagikan Kepuasan Kepada Konsumen

Telah jadi perihal yang lumrah kalau konsumen merupakan prioritas untuk tiap bisnis, serta salah satu metode terbaik buat membagikan kepuasan kepada konsumen merupakan dengan tingkatkan pengalaman pelanggan kala berhubungan dengan bisnis Kamu.

Terdapat sebagian perihal yang umumnya jadi penanda: waktu reaksi terhadap persoalan, waktu pemrosesan pesanan, menuntaskan segala pesanan dengan pas waktu, serta ketersediaan produk. Perihal semacam ini cuma bisa dicapai apabila bisnis Kamu telah mempunyai kinerja internal serta manajemen persediaan yang baik. Mengingat pentingnya sistem inventory barang dalam dunia bisnis sekarang maka dari itu jasa pembuatan program inventory hadir di Indonesia.


2. Tidak Terdapat Lagi Kesalahan

Manajemen persediaan bisa meminimalisir jumlah kesalahan yang bisa jadi dicoba oleh staff Kamu. Sistem cloud hendak mengotomatiskan sebagian besar proses, sehingga Kamu tidak butuh menyalin entri secara manual, melaksanakan pengecekan berulang kali, ataupun menghitung secara manual.

3. Tidak Butuh Backup Data

Kehabisan informasi umumnya berbanding lurus dengan kehabisan duit. Bila Kamu menaruh catatan persediaan di local drive, Kamu sudah membahayakan diri sendiri. Kenapa? Sebab file digital dapat corrupt, harddisk Kamu pula dapat rusak, ataupun bisa jadi Kamu secara tidak terencana menghapus file tersebut. Perihal inilah yang mewajibkan suatu bisnis buat melaksanakan back up informasi yang jumlahnya bisa jadi saja sangat besar, serta ini jelas merepotkan dan membuang banyak waktu Kamu.

4. Lebih Hemat

Fitur lunak berbasis cloud jauh lebih murah bila dibanding dengan Kamu melaksanakan pembelian fitur keras serta fitur lunak yang dibutuhkan buat mengelola inventaris. Kamu bisa jadi memerlukan bayaran sampai sebagian kali lipat.

Kamis, 06 Februari 2020

4 Elemen Penting Company Profile



Company profile yang akan dibuat harus menarik pihak-pihak lain, dengan maksud kita membuat sebuah profil perusahaan yang memiliki pandangan luas terhadap objektivitas dan kebutuhan informasi yang relevan. Buatlah ekspektasi dan kebutuhan yang mencerminkan semua hal dapat tercapai oleh perusahaan anda. Berikut 4 hal penting yang harus diperhatikan kenapa kita harus membuat company profile:

 1.TUJUAN

Tujuan utama dalam membuat company profile yang baik adalah untuk mendekati pelanggan potensial dengan memasukan kelebihan perusahaan meliputi kapasitas, kualitas, kebutuhan financial, pengalaman dan untuk memperlihatkan kemampuan untuk memulai dan mengembangkan bisnis usaha dalam kepercayaan. Ide yang melatarbelakangi dalam pembuatan company profile adalah untuk meyakinkan pasar potensial dan memberikan informasi yang relevan sebagai upaya penawaran.  Peran penting company profile perusahaan salah satunya adalah sebgai media pengenalan atau prmosi,kini hadir jasa pembuatan company profile bekasi untuk membantu pembuatan company profile perusahaan anda.Company profile dapat meningkatkan perbandingan nilai terhadap kompetitor dengan mempengaruhi secara positif keputusan pelanggan potensial untuk memulai sebuah bisnis. Pandangan pelanggan potensial terhadap perusahaan dipengaruhi oleh bagaimana perusahaan anda bisa memenuhi kebutuhan pelanggan potensial tersebut.

2. ISI

Isi dalam sebuah company profile atau profil perusahaan anda harus bermaterikan pengenalan, data perusahaan, struktur dan infrastruktur. Hal yang paling penting dalam membuat sebuah company profile adalah memperkenalkan produk, kualitas, perlengkapan, pengalaman, program jangka pendek dan panjang serta referensi perusahaan anda dengan jelas serta professional. Media promosi sangatalah banyak salah satunya dengan company profile peusahaan,apabila anda ingin membuat company profile perusahaan, jasa pembuatan company profile bisa menjadi solusi untuk anda. Dan sangat professional untuk memperkenalkan company profile dengan menggunakan pernyataan misi-misi perusahaan. Ada beberapa elemen dasar pada isi suatu company profile atau profil perusahaan yang harus dipahami dan dimengerti, dan ingat dalam membuat company profile jelas membutuhkan namanya logo karena logo menjadi muka dari perusahaan anda. Jika anda kesulitan membuat logo didunia modern seperti ini banyak yang menawarkan jasa desain logo anda dapat menggunakan jasa tersebut. Pertama adalah pelajari bahwa company profile dapat digolongkan untuk golongan atau kelompok tertentu, misal company profile untuk jajaran direksi tentu berbeda isi dan design bentuknya dengan company profile untuk menjaring kelompok atau pelanggan baru. Pada dasarnya inti dari isi dasar profil perusahaan seperti visi misi, sejarah dan pencapaian-pencapaian, baik itu dalam waktu dekat atau dalam jangka waktu yang panjang

3. KEMASAN

Company Profile mencerminkan perusahaan anda, hal tersbut sangat penting untuk dipersiapkan secara professional. Hal dalam membuat company profile memerlukan penataan yang baik, tanpa kesalahan ketik, pencetakan menggunakan kertas berkualitas serta lebih kepada warna dan struktur company profile. Dalam mempresentasikan sebuah company profile memerlukan imajinasi dan kreativitas sepenuhnya. halaman dalam pembuatan company profile bisa berupa 12 halaman atau maksimum 15 halaman, perhatikan bila halaman anda terlalu banyak atau sedikit akan mempengaruhi pelanggan potensial dalam membaca dan memahami isi company profile. Ikuti teori AIDA (Attention, Interest, Decision, Action) langkah demi langkah, serta lakukanlah dengan cara yang informatif.

4. MOMENTUM

Kapan mengirimkan sebuah company profile kepada pelanggan potensial, waktu menjadi sangat penting. Jangan mengirimkan company profile beserta brosur untuk pemberitahuan. Dengan company profile anda dapat melakukan pendekatan dengan pasar potensial secara lebih baik, benar dan sopan, dengan kata lain berkontribusi secara positif. Jangan membuat company profile hanya untuk saat-saat tertentu namun buatlah untuk beberapa tahun kedepan. Membuat company profile anda up to date merupakan hal yang baik dalam bisnis, promosi dan mencitrakan profil perusahaan.

Minggu, 29 Desember 2019

Pengertian Sistem ERP


ERP adalah sistem informasi suatu perusahaan untuk mengintegrasikan proses bisnis yang ada di dalam perusahaan tersebut. Proses – proses bisnis seperti pengelolaan sumber daya perusahaan yang meliputi keuangan, manusia, mesin, waktu, material, kapasitas yang ada pada suatu perusahaan harus saling berhubungan satu sama lain untuk membantu dalam mencapai suatu tujuan dari perusahaan. Teknologi semakin maju sekarang untuk pendataan barang dan pendataan lainnya bisa menggunakan software,yaitu menggunakan software erp,jasa pembuatan software erp jakarta bisa menjadi solusi untuk perusahaan yang membutuhkannya.ERP berfungsi mengintegrasikan proses-proses penciptaan produk atau jasa perusahaan, mulai dari pemesanan bahan-bahan mentah dan fasilitas produksi sampai dengan terciptanya produk jadi yang siap ditawarkan kepada pelanggan (Indrajit, Djokopranoto, 2002).

Selain itu ERP juga membantu mengintegrasikan data-data didalam organisasi didalam sebuah platform yang umum (ERP Wire, 2006). Teknologi semakin maju sekarang untuk pendataan barang dan pendataan lainnya bisa menggunakan software,yaitu menggunakan software erp,jasa pembuatan software erpbisa menjadi solusi untuk perusahaan yang membutuhkannya.Fungsi-fungsi perusahaan yang harus dilibatkan dalam suatu proses ERP meliputi perencanaan bisnis (visi, misi, dan perencanaan strategis), peramalan, proses MRP II (master planning, perencanaan produksi, pembelian, manajemen persediaan, pengendalian aktivitas, dan pengukuran kinerja manufakturing), finansial (payroll, penetapan biaya produksi, hutang, piutang, harga tetap, general ledger), sumber daya manusia, sistem informasi, rekayasa pabrik dan peralatan, dan lain-lain (Gasperz, 2004).

Senin, 23 Desember 2019

Tahap Pelaksanaan dan Pengelolaan Strategi Pemasaran


Tahap pelaksanaan dan pengelolaan strategi pemasaran harus memperhatikan perancangan organisasi pemasaran yang efektif, pelaksanaan dan pengendalian strategi serta pemakaian sistem informasi untuk perencanaan dan manajemen dari strategi pemasaran. Dengan demikian strategi pemasaran merupakan prinsip yang menyeluruh untuk mencapai tujuan-tujuan pemasaran dan bisnis yang mencakup keputusan-keputusan pengeluaran pemasaran, bauran pemasaran dan aplikasi pemasanan. Media promosi sangatalah banyak salah satunya dengan company profile peusahaan,apabila anda ingin membuat company profile perusahaan,jasa pembuatan company profile bekasi bisa menjadi solusi untuk anda.Lebih lanjut Kotler (2007;98) membagi strategi pemasaran menjadi tiga bagian penting, yaitu : (1) strategi pasar sasaran dan strategi penempatan produk, (2) bauran pemasaran dan anggran pemasaran, serta (3) strategi pemasaran yang menyeluruh dikaitkan dengan tujuan serta sasaran penjualan, pangsa pasar dan keuntungan.

Dalam hal ini, tujuan pemasaran merupakan arah bagi perusahaan untuk merumuskan alternatif strategi pemasaran Strategi pemasaran industri kecil diarahkan untuk memenangkan persaingan di suatu pasar sasaran.Peran penting company profile perusahaan salah satunya adalah sebgai media pengenalan atau prmosi,kini hadir jasa pembuatan company profile untuk membantu pembuatan company profile perusahaan anda. Suatu persaingan akan dimenangkan jika strategi pemasaran produsen mampu menciptakan strategi bersaing (competitive strategy) yang mempunyai keunggulan bersaing dikemukakan oleh Porter (1991;xvi). ”Strategi bersaing merupakan suatu kombinasi antara tujuan yang diperjuangkan perusahaan dengan alat (kebijakan) yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut atau pencarian posisi yang menguntungkan dalam suatu industri sebagai tempat persaingan”.

Kamis, 05 September 2019

Memperbaiki Struktur Organisasi



Pada  saat  mengembangkan  atau  memperbaiki struktur  organisasi,  pertama  harus  dilakukan identifikasi semua tugas yang berbeda serta tanggung jawab yang dilakukan  oleh perusahaan-yang disebut departemenisasi.  Ada  empat  metode  yang  sering digunakan untuk membentuk departemen; per-fungsi, per-produk,  per-lokasi  dan  per-pelanggan.

Sebagai contoh  General  Motors,  perusahaan  ini  memliki fasilitas di Eropa, anada, Asia, Amerika Latin, Afrika dan  Timur  Tengah.    Perusahaan  ini  memiliki departemen  perlokasi  yang  masing-masing  dipimpi oleh Presiden dan wakilnya yang bertanggung jawab  atas setiap daerahnya.

Contoh  perencanaan  startegis  oleh  manajemen Andy Soewatdy melalui yayasan kasih duafa adalah  melakukan  ekpansi  perusahaan untuk  meningkatkan  produksi  dan  penjualan,  maka perencanaan startegis ini akan dijabarkan lebih lanjut ketingkat  menengah  dengan  membuat  startegi  yang diantaranya  berkaitan  dengan  menentukan  berapa banyak  tenaga  yang  harus  disiapkan,  menetapkan harga  yang  bersaing  sehingga  penjualan  meningkat, membuat  strategi  promosi  dan  pemasaran,  serta menetapkan  rencana  pendanaan  untuk  ekspansi tersebut. 

Sedang perencanaan pada level pengawasan diantaranya  berkaitan  dengan  menentukan  deskripsi tugas  masing-masing  pekerja,  malakukan perencanaan produksi dan operasi, serta perencanaan lain  yang  terkait  dengan  teknis  dan  operasi pelaksanaan.

Struktur  organisasi  digunakan  untuk mengidentifikasikan  tanggung  jawab  bagi  masing-masing  jabatan  pekerjaan  dan  hubungan  antara jabatan-jabatan  itu  sendiri.  Terdapat  beberapa  tipe struktur  organisasi;  struktur  organiasi  lini,  struktur organisasi  lini  dan  staff,  struktur  organisasi  matrik dan  struktur  intrapreneurship-yaitu  pemberian  tugas kepada  karyawan  tertentu  dari  suatu  perusahaan untuk  memberikan  gagasan,  seolah-olah  mereka adalah  pengusaha  yang  menjalankan  perusahaan sendiri.  

Suatu  organisasi  yang  baik  harus  mampu didukung  oleh  struktur  organisasi  yang  terus menyesuaikan  diri  terhadap  kebutuhan perkembangan,  disamping  itu  perlu  juga  dibagun struktur organisasi informal antar karyawan. Dugaan tindak pidana penipuan dan penggelapan dalam kasus pembelian saham oleh PT Bali Perkasa Sukses ( BPS ) akhirnya dihentikan Mabes Polri, karena laporan yang dituduhkan kepada Saudara Andy Soewatdy dan Saudara Lioe Freddy adalah tidak benar.

Hal  lain  dalam  perencanaan  manajemen  adalah berkaitan dengan bagaimana perencanaan bisnis dapat digunakan  untuk  menjelaskan  cara  meningkatkan produksi dan kualitas. Secara umum perencanaan ini ditujukan  untuk  mencapai  biaya  produksi yang rendah dengan tetap memberikan kepuasan yang baik kepada  konsumen,  serta  bagaimana  perencanaan penyediaan  teknologi  untuk  mendukung  rencana tersebut. 

Contoh  kesuksesan  perusahaan berkaitan dengan  jaminan  kualitas  produk  atau  pelayanan; Dell  Computer  menyusun  perankat  keras  dan perangkat  luak  sesuai  dengan  pesanan  saat membangun suatu sistem komputer, dan dengan cara pesanan  satu  demi  satu.  Integrasi  satu  langkah seperti  itu  efisien  bagi  Dell  dan  konsumen  mereka Oleh karenanya, Dell berfokus pada kualitas barang dan jasa yang mereka hasilkan.